Read more: http://catatandarmanto.blogspot.com/2012/06/membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz1xm5iqGQF

Kamis, 16 April 2015

kewirausahaan chp 6 dan 7

Kewirausahaan chapter 6 dan 7

Pada pertemuan yang ini kelas kewirausahaan membahas tentang planning agar kita terbiasa dengan perencanaan agar hidup kita dapat tertata dengan pola yang benar dan mengetahui sejauh mana kita dapat merencanakan sesuatu sampai tercapai

Diawali dengan planning adalah sebbuah perencanaan yang telah kita siapkan baik dari pola maupun dari sisi modal atau yang harus di keluarkan agar sesuatu yang ingin kita capai  itu berhasil. Sebagai mahasiswa ekonoi kita harus dapat merencanakan kegiatan dan juga keuangan agar kita dapat mengatur kegiatan dan keuangan kita dengan perencanaan.

Namun kadang ada saja rencana yang tidak sesuai atau tidak kita harapkan . misalnya saya seorang jurusan ipa namun saya terjebak di ekonomi,mungkin di jurusan ipa saya menghindari teknik dan tidak dapat juga di kedokteran karena biiaya terlalu mahal bagi keluarga saya. awalnya saya merasa tidak nyaman namun saya mencoba berusaha untuk berkompetensi dengan anak ekonomi lainya yang sesuai dengan jurusanya, saya awalnya hanya bias berharap saja ada keajaiban tapi rezeki memenag tidak kemana saya mulai bias menguasai apa yang saya jalani walaupun itu terpaksa namun jika kita mencoba dan berusaha untuk mendapatkan yang terbaik maka kita pasti bias begiupun dengan perencanaan kita harus bias menerima ataupun mensuges diri kita agar kita bisa menjalani baik itu di luar rencana ataupun sesuai rencana

Guru sma saya pernah bercerita tentang ada sebuah kerajaan dimana terdapat seorang putri di dalamnya, dan sang raja yang berkuasa ingin mencari pasangan untuk putrinya , kemudian sang raja memerintahkan kepada anak buahnya sayambara mencari seorang yang gagah beraini dan tangkas karena tantangan yang di berikan sang raja ialah menyebragi sungai di dekat istana dimana sungai tu mengelilingi istana dan di dalam sungai itu terdapat buaya ayang besar dan ganas. Ketika hari dimana kegiatan itu di laksanakan para masyarakat dari semua jenis kalangan dating di pinggir sungai dan tidak ada yang berani untuk menyebranginya , padahal hadiah yang di janjikan sang raja yaitu bagi anak muda yang berhasil menyebrangi sungai dan tiba di istana maka akan di angkat menjadi pangeran yang mewarisi tahtanya dan berhak untuk menikahi putri raja. Tiba-tiba ada seorang pemuda yang jatuh ke sungai dan berhasil berenang melewati para buaya sehingga ia sampai di istana dan sang raja pun menemuinya dan mengatakan kepadanya “selamat anak muda anda berhasil dan anda akan saya angkat menjadi pangeran serta berhak untuk menikari putri raja”. Namun pemuda itu menjawab “wahai baginda raja sebenarnya saya tidak tahau siapa yang menendang saya ke sungai tadi saya sedikit kesal kepada orang yang menendang saya, dan saya tidak tahu apa-apa tentang sayambara itu. Tapai dengan senang hati saya akan mengemban tugas sebagai pangeran dan menikahi putri raja.

Dari kisah di atas kita dapat menyimpulkan walaupun kita gagal dalam suatu perencanaan pasti ada hal lain lagi atau ada rezeki lain dan di tempat lain , sehingga kita dapat merencanakan lagai ke depanya apa yang akan kita lakukan kedepanya, bagaimana dengan anda jika anda seperti itu atau di dunia bisnis mungkin lebih parah lagi dari itu.

Kemudian ada metode bagi para pengusaha atau wirausahawan untuk mengetahui seberapa jauh kitaa memahami tentang diri kitadan mengetahui apa yang harus kita lakukan kedepanya.

Yaitu inquiry method yaitu pmetode di mana tidak melihat kesalahan dan kekurangan di masa lalu dan mampu untuk melihat kedepanya apa yang akan di lakukan .prinsip dari metode ini yaitu menemukan hal yang terbaik di dalam diri anda, membangun mimpi anda dan mewujudkanya di dunia nyata, menentukan apa yang akan kita capai dan tujuan apa yang akan kita lakukan, strategi yang akan di terapkan dengan skill yang ada.

caranya pertama kita menentukan dulu tujuan atau goal  kita kedepanya . lalu kita cari apa kekuatan dan kelebihan kita . lalu kesempatan kita seperti kesempatan untuk kerja atau membangun usaha, aspirasi agar dapat membuat sebuah perencanaan dan jadwal,dan result adalah hasil dari apa yang kita rencanakan . semoga bermanfaat bagi para pembaca

Tidak ada komentar: